“Rompi Hijau” Hadir Membantu Peserta JKN di Rumah Sakit

LOMBOKita – Gunakan rompi berwarna hijau, Petugas BPJS SATU! (Siap Membantu) semakin banyak dikenali oleh masyarakat Indonesia khusunya peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang ada di Rumah Sakit. Tak hanya duduk atau berdiam diri diloket informasi, petugas BPJS SATU! selalu bergerak disetiap sudut rumah sakit dan melakukan kunjungan di setiap kamar rawat inap maupun ruang tunggu rawat jalan.

Petugas BPJS Kesehatan Siap Membantu BPJS Kesehatan Cabang Selong mengunjungi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di rumah sakit sekaligus melakukan survey kepuasan peserta yang telah memperoleh pelayanan kesehatan di rumah sakit tersebut, Rabu (28/02/2024).

Ditemui secara terpisah, Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Selong, Gusti Ngurah Catur Wiguna atau biasa disapa Catur, mengatakan, adanya petugas BPJS SATU! ini diharapkan bisa menjawab kebutuhan informasi dan pengaduan dari paserta JKN maupun masyarakat umum yang tengah mengakses layanan kesehatan di rumah sakit, sehingga berbagai permasalahan dan kendala yang sering ditemui oleh peserta di lapangan dapat dipetakan dan diselesaikan.

“Kepuasan pasien terhadap kemudahan informasi, menyampaikan kritik dan saran serta ketepatan pelayanan di fasilitas kesehatan tentunya akan berdampak pada kepercayaan masyarakat pada Program JKN. Kami mengharapkan setiap peserta dapat terlayani dengan baik. Rumah sakit sebenarnya juga memiliki unit informasi dan pengaduan yang menangani kebutuhan informasi pasien, namun dengan dukungan dari BPJS SATU ini diharapkan peserta JKN memperoleh informasi dan penanganan kendala secara tepat, efektif dan efisien,” katanya.

Catur menambahkan, BPJS Kesehatan Cabang Selong telah memasang poster yang berisi foto dan nomor kontak petugas BPJS SATU! di beberapa titik lokasi yang sering di akses di rumah sakit, untuk memudahkan peserta melihat, sehingga ketika peserta ada keluhan dapat dengan mudah menguhubungi petugas BPJS SATU! tersebut. Guna menunjang kebutuhan peserta JKN, BPJS Kesehatan juga memiliki fitur pelayanan peserta melalui Chat Assistant JKN (CHIKA) di nomor Whatsapp 08118750400 serta Voice Interactive JKN (VIKA) melalui BPJS Kesehatan Care Center 165 untuk pelayanan informasi dan pengaduan. Selain itu, juga ada Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) melalui nomor 08118165165.

“Selain bertemu secara langsung dengan petugas BPJS SATU! Peserta JKN juga dapat mengakses Aplikasi Mobile JKN, dan kanal kanal laiannya untuk memudahkan akses informasi dan menyampaikan pengaduan ke BPJS Kesehatan.”ujarnya

Selain itu Catur juga mengungkapkan bahwa BPJS Siap Membantu merupakan optimalisasi peran petugas staf Edukasi dan Penanganan Pengaduan Peserta di Rumah Sakit. Adanya petugas BPJS SATU! dapat memberikan manfaat kepada peserta JKN yang berada di rumah sakit untuk mendapatkan informasi yang tidak diketahuinya.

“Layanan BPJS SATU Sendiri merupakan re-branding dari optimalisasi peran petugas staf Edukasi dan Penanganan Pengaduan Peserta yang ada di rumah sakit. Melalui berbagai inovasi, dengan penampilan yang mudah dikenali menggunakan rompi hijau pastel beserta aksesoris yang ada, lebih memudahkan peserta dalam mendapatkan informasi maupun pengaduan pelayanan secara langsung,” ungkapnya

Salah satu peserta yang turut merasakan layanan BPJS SATU di salah satu RS di Kabupaten Lombok Timur yaitu Putri (29) dari segmen peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU/Mandiri) yang menjadi pasien rawat jalan menyatakan mengapresiasi layanan BPJS Kesehatan yang sangat membantu ini. Saat dikunjungi petugas BPJS SATU!, Rabu (28/02) Putri mengaku dapat leluasa menanyakan informasi terkait BPJS Kesehatan.

“Terkadang ada beberapa hal yang butuh dijelaskan lebih detail soal informasi yang belum dimengerti, Syukur petugas BPJS SATU! datang dan memberikan informasi yang sangat jelas dan mudah kami pahami. saya memang ada rencana mau mengubah kelas perawatan tapi masih bingung prosedurnya, dan dijelaskan soal oleh petugas sangat rinci dan jelas. Terima kasih banyak kepada BPJS Kesehatan yang sudah membantu dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada kami warga Lombok Timur,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini
Tutup