Tingkatkan Kesehatan Ternak, Mahasiswa KKN-PMD Universitas Mataram Lakukan Posyandu Ternak

LOMBOKita – Sebagai upaya meningkatkan kesehatan ternak di Desa Darmasari Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur, mahasiswa KKN-PMD Universitas Mataram melakukan kegiatan posyandu ternak pada dua dusun Desa Darmasari, yaitu Loang Sorok Utara dan Selatan.

Kegiatan posyandu ternak ini dilakukan selama 1 hari yaitu pada hari Kamis, 11 Januari 2024 dengan melibatkan UPT Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Peternakan Kecamatan Sikur bersama Kepala Bidang Kesehatan Hewan Kabupaten Lombok Timur.

“Kegiatan posyandu ternak ini merupakan salah satu program kerja utama dari kami berdasarkan survei yang telah dilakukan sebelum KKN. Kami melakukan kerja sama dengan UPT Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Peternakan Kecamatan Sikur untuk melaksanakan program kami”, kata Ketua Kelompok KKN.

“Adik-adik dari KKN datang ke UPT dan kami langsung merespon apa saja yang merupakan program selama dia KKN di Desa Darmasari yaitu Pertanian dan Peternakan Maju”, kata Kepala UPT Puskeswan.

Kegiatan yang dilakukan dalam posyandu ternak tersebut yaitu pemberian vitamin untuk meningkatkan nafsu makan ternak sekaligus pemeriksaan kesehatan ternak. Posyandu ternak di Desa Darmasari Kecamatan Sikur ini berhasil melayani kurang lebih 70 ternak dari target 50 ternak. Selama kegiatan ini dilakukan juga pendataan hewan ternak untuk mengetahui keluhan yang dialami masing-masing peternak sehingga dapat langsung dilayani dengan diberikan obat-obatan yang sesuai dengan keluhan tersebut.

“Salah satu kegiatan yang dilaksanakan sekarang merupakan kegiatan yang bagus sekali dan diharapkan akan menjadi suatu hal yang berkesinambungan sehingga kita menginginkan petugas kita yang ada di desa itu memiliki ide-ide yang terus berkembang dengan memanfaatkan potensi-potensi yang ada”, kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan.

Dengan tetap semangat bekerja memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya peternak diharapkan peternakan dan kesehatan hewan di Desa Darmasari tetap berkolaborasi dengan UPT Perternakan Hewan di Kecamatan Sikur sehingga semakin maju.

Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan posyandu ternak ini harapannya kesehatan ternak bisa terjaga serta peternak dapat menerima manfaat dengan maksimal yang telah dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini
Tutup