Mahasiswa KKN PMD Unram di Desa Durian Adakan Pelatihan Pembuatan Kompos

LOMBOKita – Mahasiswa Universitas Mataram yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pemberdayaan Masyarakat Desa Durian Kecamatan Janapria, Lombok Tengah mengadakan pelatihan pembuatan pupuk kompos dari kotoran ternak kambing.

Pelatihan dilaksanakan di halaman Kantor Desa Durian pada Kamis, 25 Januari 2024.

Pelatihan ini melibatkan perwakilan kelompok tani dan perwakilan kader dari 9 dusun yang ada di desa Durian sebagai peserta pelatihan.

Mustaram, mahasiswa Prodi Peternakan yang merupakan salah satu anggota KKN PMD-UNRAM Desa Durian menjadi pemateri pelatihan.

“Selain menghemat pengeluaran, pemanfaatan kotoran ternak menjadi kompos juga dapat memelihara lingkungan”, ujar Mustaram.

Dikatakan Mustaram, kandang ternak yang ada di desa Durian sebagian besarnya berada di pekarangan rumah, dampaknya bau tak sedap mengganggu penciuman warga sekitar.

Peserta pelatihan sangat mengapresiasi kegiatan terutama dari kalangan peternak.

“Pelatihan ini sangat saya perlukan untuk menangani masalah kotoran ternak saya”, terang Paridi, salah satu peserta pelatihan.

Pelatihan dilaksanakan secara praktek langsung dengan menjelaskan fungsi dari setiap bahan dan tahapan pembuatan kompos.

Terpal digunakan sebagai media pembuatan dan ditutup rapat dengan terpal juga untuk meminimalisir kemungkinan masuknya udara ke dalam pupuk kompos, lalu didiamkan selama satu minggu sampai pupuk jadi.

Pelatihan pembuatan pupuk kompos ini juga mendukung program Zero Waste yang merupakan tema yang diangkat mahasiswa KKN PMD-UNRAM Desa Durian.

“Pembuatan pupuk kompos dari kotoran ternak ini kami harapkan bisa diteruskan oleh masyarakat agar masalah limbah dari kotoran ternak juga bisa terselesaikan”, ujar Syahida, selaku Sekretaris KKN.

Pupuk yang sudah siap pakai dapat dimanfaatkan untuk membuat tanaman buah dan tanaman hias setempat tumbuh lebih sehat dan subur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini