Viral Ban Mobil yang Ditumpangi Presiden Jokowi Bocor di Jalan, Ini Klarifikasi Istana

LOMBOKita – Beredar di media sosial postingan yang menyebut ban mobil yang ditumpangi Presiden Jokowi bocor di jalan. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 27 Januari 2024.

Dalam postingannya terdapat video dengan judul “Kok bisa ya??? Mobil Kepresidenan Mengalami Pecah Ban”

Akun itu juga menambahkan narasi:
“TONDO TONDO ALAM
Ban mobil Jokowi BOCOR
Udara merembes KELUAR krn TEKANANBan KEMPES dan kehilangan KEKUATAN
dan kl dipaksa laju, mobil bs KECELAKAAN yg BS merenggut nyawa
Paspampres sibuk NGURUS mobil ketimbang mengamankan jokowi
Pemilik rumah yg pasang spanduk warna BIRU hanya bs diam menonton
Jokowi terlihat jalan ke arah yg lebih PANAS
Tak seorang pun yg MEMAYUNGIYA”

Lalu benarkah postingan yang menyebut ban mobil yang ditumpangi Presiden Jokowi bocor di jalan?

HASIL CEK FAKTA

Tim Cek Fakta menelusuri dan menemukan artikel berjudul “Viral Video Ban Mobil Jokowi Bocor saat Kunjungan ke Jateng, Ini Penjelasan Istana” yang tayang di Liputan6.com pada 25 Januari 2024.

Berikut isi artikelnya:
“Liputan6.com, Jakarta – Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menanggapi soal video viral mobil Kepresidenan diduga mengalami kebocoran ban saat kunjungan kerja di Jawa Tengah. Dia membantah mobil Kepresidenan yang ditumpangi Presiden Jokowi ini bannya bocor.

“Saya sudah cek ke Setpres dan Setmil bahwa peristiwa yang terekam di video itu bukan sedang ganti ban mobil Kepresidenan yang disebutkan bocor,” kata Ari kepada wartawan, Kamis (25/1/2024).

Dia menjelaskan anggota pasukan pengamanan presiden (Paspampres) tengah mengambil kaos untuk dibagikan ke masyarakat. Kaos itu berada di mobil dan diambil melalui pintu supir.

Ari menyampaikan Paspampres berjongkok untuk menghormati Ibu Negara Iriana yang ada di dalam mobil. Sementara itu, kata dia, Jokowi turun dari mobil bukan menunggu perbaikan ban bocor.

“Saat itu Bapak Presiden sedang turun untuk mengukur lebar jalan IJD bersama Menteri PUPR di sepanjang route Sragen (Gemolong) – Grobogan – Blora,” jelas Ari.

Sebelumnya, Media sosial dihebohkan dengan video viral mobil Kepresidenan Republik Indonesia yang diduga mengalami kebocoran ban saat digunakan dalam kunjungan kerja. Video yang diunggah oleh akun TikTok @qoril48 pada Selasa (24/1/2024) kemarin ini pun langsung menuai banyak perhatian netizen.

Dalam video yang diabadikan oleh sopir truk yang melintas tersebut, terlihat bahwa Presiden Jokowi nampak mengenakan kemeja putih dan celana hitam yang tengah berjalan kaki di jalan daerah Grobogan.

Terlihat presiden Jokowi turut menyapa warga yang melintas dengan melambaikan tangan. Tidak sedikit para netizen yang cukup terkejut dengan kejadian tersebut dan memberikan banyak komentar di media sosial TikTok.

Mengutip dari video yang diunggah oleh akun TikTok @qoril48 memperlihatkan momen Joko Widodo yang keluar dari mobil RI 1. Dirinya yang berjalan kaki di jalanan yang dilewatinya ini turut diamankan oleh para petugas dari Paspampres.

Dari arah berlawanan, cukup banyak kendaraan yang tetap melintas. Salah satu sopir truk pun mengabadikan momen tersebut yang hingga saat ini telah viral. Sampai saat ini video yang diunggah oleh akun TikTok @qoril48 ini telah disaksikan lebih dari 1 juta netizen.

Selain Jokowi, nampak sosok Menteri Basuki yang turut menemaninya dalam perjalanan kunjungan kerja tersebut.”

KESIMPULAN
Postingan yang menyebut ban mobil yang ditumpangi Presiden Jokowi bocor di jalan telah diklarifikasi pihak Istana.

Rujukan
https://www.liputan6.com/news/read/5513330/viral-video-ban-mobil-jokowi-bocor-saat-kunjungan-ke-jateng-ini-penjelasan-istana?page=2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini