[SALAH] Bansos Presiden di Depan Istana Setelah Pernyataan Tidak Netral

LOMBOKita – Akun Tiktok dengan nama @dodi.merpati.hias https://vt.tiktok.com/ZSFJVLCLu/ (https://archive.ph/lkrUn arsip) membagikan sebuah video yang memperlihatkan Menteri BUMN Erick Thohir sedang membuat vlog bersama Presiden RI Joko Widodo saat sedang membagikan Bantuan Sosial (Bansos) kepada Ojek Online (Ojol) di depan Istana Kepresidenan.

Unggahan itu diiberi narasi sebagai berikut:

“Sudah kebagian belum…!! Lewat depan Istana ada senterklas uang hak Rakyat, di akui bantuan presiden. Rakyat di bodohi ini dilakukan setelah pernyataan tidak netral jangan2 waktu ngasih ngomong pilih no2. ISTANA PANIK JOKOWI STRES AKUT DIGEBUG XING PING.”

Selain itu, akun Tiktok dengan nama @soniipdn https://vt.tiktok.com/ZSFJG7LPq/ ( https://ghostarchive.org/archive/ygQrP arsip) mengunggah video serupa dengan narasi sebagai berikut:

“Glontoean bansos atau sembako jelang Pilpres, oleh Presiden dicurigai sbg upaya kampanye terselubung untuk “membeli” suara Paslon ttt.
#pilpres2024 #bansos #jokowi #ganjarpranowo”

Dan dalam video tersebut tertulis narasi sebagai berikut:

“Politik Sembako
Usai gempur Jateng dg bansos kini Jakarta”

HASIL CEK FAKTA
Beredar sebuah video yang menampilkan vlog Erick Thohir bersama Presiden Jokowi tatkala sedang membagikan Bantuan Sosial/Bansos. Video ini diklaim merupakan strategi Jokowi dalam membeli suara masyarakat agar memilih salah satu paslon pada Pilpres 2024.

Setelah dilakukan penelusuran melalui pencarian di Tiktok dengan keyword “Jokowi Bansos Istana”, ditemukan fakta bahwa video tersebut diunggah oleh akun Tiktok INews https://vt.tiktok.com/ZSFJtUTTF/ pada 13 April 2023.

Dilansir dari situs presiden.ri.go.id, pada tanggal 13 April 2023 Presiden Jokowi menyaksikan secara langsung pembagian sembako kepada ratusan pengemudi Ojek Online (Ojol) di kompleks depan Istana Kepresidenan, Jakarta.

Sedangkan timeline Pemilu 2024 sebagaimana dilansir dari detik.com, pencalonan Presiden dan Wakil Presiden dimulai pada 19 Oktober 2023 hingga 25 November 2023, sedangkan masa kampanye berlangsung pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

Dengan demikian, klaim bahwa video penyerahan Bansos di depan Istana Kepresidenan merupakan bagian dari strategi kampanye untuk meraup dukungan masyarakat terhadap salah satu paslon pada Pemilu 2024, tidak benar.

KESIMPULAN
Faktanya, video yang digunakan merupakan kegiatan Presiden RI Joko Widodo menyaksikan pembagian Bansos kepada pengemudi Ojek Online (Ojol) di sekitar kompleks Istana Kepresidenan Jakarta pada 13 April 2023. Sehingga tidak ada kaitannya dengan Pemilu ataupun dukungan Presiden terhadap salah satu Paslon dalam Pemilu 2024.

Rujukan
https://http
https://vt.tiktok.com/ZSFJtUTTF/
https://nasional.tempo.co/read/1714580/jokowi-bagi-bagi-bansos-ke-ratusan-pengemudi-ojek-online-di-depan-istana
https://www.presidenri.go.id/foto/presiden-jokowi-saksikan-penyerahan-sembako-untuk-ojol-di-depan-istana/
https://news.detik.com/pemilu/d-6556051/jadwal-dan-tahapan-pileg-pilpres-dan-pilkada-2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini
Tutup