Mobile Customer Service Dekatkan Layanan JKN untuk Masyarakat

LOMBOKita – Antusias peserta JKN sangat terlihat saat petugas BPJS Kesehatan tiba di Desa Lantan Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kamis (08/09/2022).

Kedatangan petugas bukan tanpa sebab, melainkan untuk melakukan sosialisasi dan pelayanan Mobile Customer Service (MSC) dimana peserta akan mendapatkan informasi dan pelayanan administrasi yang mereka butuhkan.

MCS yang diselenggarakan BPJS Kesehatan bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dalam mengurus segala administrasi yang berhubungan dengan kepesertaan JKN, sehingga masyarakat yang tidak sempat mendatangi Kantor BPJS Kesehatan dapat dilayani, tidak lupa pada kesempatan tersebut disosialisakan juga mengenai Mobile JKN.

“Banyak daerah di Lombok Tengah yang aksesnya jauh untuk sampai ke Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah , maka dari itu kami datang ke desa-desa untuk membuka layanan sehingga peserta tidak sulit mendapatkan layanan dari kami,” ujar Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Selong Noerasyidin.

“Informasi mengenai Mobile JKN juga giat disebarkan demi bertambahnya pemanfaatan aplikasi tersebut dikalangan masyarakat luas,” tambahnya.

“Penggunaan Mobile JKN pada masa digital saat ini dirasa sangat penting karena selain dapat memudahkan, mereka pun dapat mengajak peserta lain untuk menggunakan dan merasakan kemudahan Aplikasi Mobile JKN mengingat banyak sekali pertanyaan yang diberikan oleh masyarakat mengenai perpindahan lokasi fasilitas kesehatan, informasi tagihan iuran, dan perubahan data dapat terselesaikan hanya dengan Aplikasi Mobile JKN,” terang Noerasyid.

Petugas dan Aparat Desa Lantan juga ikut dikenalkan dengan adanya Mobile JKN yang hadir untuk memberikan banyak kemudahan yang di antaranya mengetahui informasi tagihan dan pembayaran iuran, mengetahui data peserta dan keluarga, mendaftar dan mengubah data kepesertaan, sampai daftar online pelayanan di fasilitas kesehatan melalui fitur antrean online.

“Kegiatan ini sangat ditunggu-tunggu oleh warga Lantan. Dengan begini warga mendapatkan informasi terbaru seperti fitur-fitur Mobile JKN dan mendapatkan pelayanan administrasi dekat dengan rumahnya,” ujar Kepala Desa Lantan Erwandi, S.Pd.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Tim BPJS Kesehatan atas kesempatan waktunya bisa menggelar MCS ke Desa Lantan, sangat membantu dan mempermudah Masyarakat, tidak perlu masyarakat datang jauh-jauh ke kota.

Fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi Mobile JKN seperti pengecekan status kepesertaan untuk dapat mengetahui iuran yang wajib dibayarkan, mengganti beberapa data kepesertaan salah satunya perubahan fasilitas kesehatan, peserta pun dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk mengecek risiko akan diagnosa hipertensi atau diabetes militus,tidak itu saja demi mendukung teknologi digital.

BPJS Kesehatan tidak ingin ketinggalan dengan menyediakan fitur Kartu digital pada aplikasi Mobile JKN tersebut yang berfungsi sebagai pengganti kartu fisik sehingga jika tidak membawa Kartu JKN peserta tetap dapat berobat dengan menunjukan kartu digital tersebut, tidak itu saja peserta pun bisa daftar online pelayanan di fasilitas tingkat pertama maupun rumah sakit. /**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini