KKN PMD Unram 2023-2024 Sosialisasi Pentingnya Sanitasi Kandang dan Pengolahan Limbah Ternak di Desa Sepakek

LOMBOKita – KKN PMD Universitas Mataram angkatan 2023-2024 melaksanakan kegiatan penyuluhan di Desa Sepakek. Fokus kegiatan ini adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat, terutama para peternak, mengenai pentingnya sanitasi kandang dan pengolahan limbah ternak.

Kegiatan yang dilaksanakan di Dusun Kelana Desa Sepakek Kecamatan Pringgarata tersebut dibagi menjadi dua tahap. Pertama, adalah penyampaian materi oleh Irma Marfiyani, perwakilan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB.

Dalam pemaparannya, Irma Marfiyani menjelaskan, pentingnya manajemen sanitasi dan penanganan limbah ternak, yang dianggap memiliki nilai ekonomi tinggi.

“Pentingnya penanganan limbah ternak tidak hanya untuk keberlanjutan lingkungan, tetapi juga memiliki potensi ekonomi yang signifikan,” ucap Irma.

Irma juga turut menyediakan disinfektan kandang ternak sebagai bagian dari inisiatif Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB untuk meningkatkan kebersihan dan kesehatan lingkungan peternakan.

Tahap kedua kegiatan melibatkan M. Subhan Bahruddin Rosyidi, S.Pt., dari Universitas Mataram, sekaligus memberikan praktik dan panduan tentang pengolahan limbah ternak menjadi pupuk kompos.

Sebagai tambahan, Subhan juga memaparkan cara pengolahan limbah organic rumah tangga menggunakan metode eco-enzyme.

Camat Pringgarata, H. Masnun turut hadir dalam kegiatan ini dan menyampaikan pandangannya.

Masnun menilai, bahwa kegiatan penyuluhan mengenai pengolahan limbah sangat penting di Desa Sepakek, mengingat beternak menjadi mata pencaharian utama di desa tersebut.

“Kegiatan semacam ini diharapkan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat desa, karena isu limbah ternak dan sampah merupakan masalah yang tetap ada,” ucap H. Masnun.

Camat berharap kegiatan penyuluhan ini dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat Desa Sepakek tentang sanitasi kandang dan pengolahan limbah ternak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini