Kemenkumham NTB dan Kantor Imigrasi Mataram Gelar Operasi Jagratara Jelang Nataru

Kanwilkumham dan Imigrasi Mataram Gelar Operasi Jagratara Untuk Amankan Nataru dan Pemilu 2024 . foto: Ist

LOMBOKita – Kanwil Kemenkumham Nusa Tenggara Barat (NTB) bersama Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram menggelar Operasi Jagratara dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru di wilayah Senggigi Kabupaten Lombok Barat, Rabu, (27/12/2023).

Operasi Jagrataravdilakukan dengan melakukan pengawasan terbuka sekaligus pendataan terhadap wisatawan asing serta tenaga kerja asing (TKA) yang berada di hotel dan restoran yang beroperasi di kawasan wisata Senggigi.

“Kami juga melakukan sosialisasi serta penyebaran informasi terkait kewajiban dari hotel/penginapan untuk melakukan pelaporan terhadap wisatawan asing yang menginap, serta mengajak seluruh elemen masyarakat khususnya pelaku di bidang usaha untuk lebih proaktif melakukan pelaporan terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing di sekitar wilayahnya,” ujar Deddy Yulianto, Kasubsi Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram, Jumat (29/12/2023).

Deddy mengatakan, dalam Operasi Jagratara ini petugas tidak menemukan adanya wisatawan asing ataupun TKA yang melakukan pelanggaran keimigrasian sehingga para petugas melakukan pengawasan sekaligus memberikan imbauan kepada seluruh warga asing yang ada di Senggigi.

Kegiatan Operasi Jagratara ini merupakan kegiatan pengawasan orang asing secara serentak di seluruh wilayah kerja pelaksana teknis Imigrasi di seluruh Indonesia yang diawasi secara langsung oleh Plt. Direktur Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Direktorat Jenderal Imigrasi.

“Operasi Jagratara dilaksanakan pada 27 – 28 Desember 2023 dan dibuka dengan pengarahan langsung dari Direktorat Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian secara daring, tujuan dari digelarnya Operasi Jagratara ini adalah sebagai rangkaian pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 serta Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada,” ujar Deddy.

Sementara itu, Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kanwil Kemenkumham NTB Ngurah Mas Wijaya Kusuma, menjelaskan, bahwa operasi ini dilaksanakan sebaii mungkin dengan memperhatikan situasi dan stabilitas keamanan.

“Dalam melaksanakan Operasi Jagratara, petugas diharapkan untuk tetap memperhatikan kondisi stabilitas keamanan dan mitigasi risiko,” kata dia.

Dalam kesempatan berbeda, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTB, Parlindungan menyampaikan bahwa salah satu fungsi Imigrasi adalah untuk menjaga keamanan dan kedaulatan Negara. untuk menjalankan fungsi tersebut diaplikasikan dengan pengawasan terhadap orang asing.

“Kami akan senantiasa melakukan segala upaya untuk dapat memenuhi tugas dan fungsi kami sesuai dengan apa yang telah diamanatkan Undang – Undang sesuai dengan ranah dan koridor dari Keimigrasian,” tandas Ngurah Mas Wijaya Kusuma.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini