Kejar Mimpi Mataram Gelar Eduventure Experience Desa Sehat dan Berdaya

LOMBOKita – Memperingati Hari Gizi Nasional, Komunitas Kejar Mimpi Mataram berkolaborasi dengan organisasi kemanusiaan BSMI Lombok Tengah, SKI ASSYIFA, dan Apotek Kimia Farma menggelar kegiatan Eduventure Experience, Desa Sehat dan Berdaya, di SMP Rinjani Desa Bangket Parak, Pujut, Lombok Tengah pada Minggu (4/2/2024).

Kegiatan ini diselenggarakan dalam bentuk edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada anak, pemberian kotak P3K untuk sekolah, hingga cek kesehatan gratis bagi masyarakat Desa Bangket Parak.

“Kami ingin hari gizi tidak hanya dalam bentuk peringatan simbolis, tapi juga dalam bentuk aksi yang berdampak bagi masyarakat, yaitu dampak berkelanjutan dari edukasi yang telah kami berikan,” kata Aldi Trijuni, Head of Division Program, KM Mataram.

Aldi menjelaskan, kegiatan edukasi yang dilaksanakan terbagi menjadi beberapa pos yaitu pos gizi, pos gigi, pos PHBS, pos quiz hingga pohon mimpi. Di setiap pos inilah kata aldi, setiap anak diajarkan tentang bagaimana kebiasaan bersih dan sehat sejak dini, berpengaruh besar dalam mewujudkan setiap tulisan di pohon mimpinya kelak.

“Bahkan tidak hanya bagi anak-anak, kami di KM Mataram juga memfasilitasi masyarakat sekitar dalam bentuk cek kesehatan gratis, entah asam urat, kolesterol, hingga gula darah,” tambahnya.

Dalam kegiatan ini, KM Mataram juga turut melibatkan beberapa organisasi kampus dan media partner seperti RRI Mataram, NTB Satu, Fakultas Kedokteran Universitas Mataram, Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Universitas Mandalika, hingga Himpunan Mahasiswa Gizi Poltekkes Mataram.

Di sisi lain, Ketua Karang Taruna Desa Bangket Parak, Sumaji menyebut suatu keberuntungan bagi desanya bisa dijadikan sebagai lokasi kegiatan KM Mataram. Menurutnya, baik dari anak-anak hingga masyarakat merasa terbantu dari edukasi kesehatan yang dilaksanakan mengingat minimnya akses kesehatan yang ada saat ini.

“Suatu keberuntungan tentunya, sehingga dari kami harapannya ada keberlanjutan dari program yang KM Mataram laksanakan, terlebih belum 100 persen masyarakat kami yang merasakan dampaknya,” katanya.

Sejalan dengan itu, sebagai komunitas gerakan sosial anak muda yang diinisiasi oleh CIMB Niaga, kegiatan ini tentunya merupakan bagian dari komitmen KM Mataram untuk terus memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat khususnya di bidang pendidikan, filantropi, lingkungan, dan pembangunan ekonomi sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini
Tutup