Indosat Ooredoo Hutchison Jamin Kelancaran Konektivitas Selama Lebaran Idul Fitri
LOMBOKita – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mempersembahkan ‘Unparalleled Network Services Guaranteed’ untuk memberikan jaminan kelancaran konektivitas pada periode Hari Raya Idulfitri 1445 H.
Komitmen ini ditujukan untuk memastikan kenyamanan dan kemudahan komunikasi pelanggan dengan keluarga dan kerabat mulai dari perjalanan mudik hingga sampai di tujuan.
Demi menjaga kualitas layanan di perayaan hari kemenangan, jaringan Indosat
yang telah terintegrasi juga didukung oleh infrastruktur berteknologi tinggi berbasis
cognitive learning, efisien dari sisi penggunaan energi, serta sumber daya manusia
yang andal.
Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo
Hutchison, menyatakan, untuk menunjang kebutuhan komunikasi dan layanan digital pelanggan, mulai dari perjalanan mudik, tiba di kampung halaman, hingga kembali ke daerah
asal, pihaknya telah mengoptimalkan jaringan di sejumlah jalur mudik dan lokasi-lokasi
prioritas.
Optimalisasi ini juga didukung oleh jangkauan jaringan Indosat yang kian
meluas hingga wilayah kecamatan dan desa. Kami juga menjamin pelanggan
dengan ‘Unparalleled Network Services Guaranteed’ bagi seluruh pelanggan.
Dengan ini pelanggan dapat menikmati pengalaman yang mengesankan dalam
menggunakan layanan, khususnya dalam mendukung perayaan hari besar
keagamaan.
Vikram menyebutkan, mobilitas arus mudik pada Hari Raya Idulfitri diprediksi mencapai 71,7% dari total penduduk Indonesia. Pergerakan massa tersebut diproyeksikan akan turut meningkatkan trafik data Indosat sebesar 17% dibandingkan dengan rata-rata trafik harian sepanjang tahun 2024.
Di wilayah Circle Java yang membawahi provinsi Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara diperkirakan terjadi peningkatan trafik data sampai dengan 18%.Lonjakan trafik data tersebut didorong oleh peningkatan aktivitas digital masyarakat, mulai dari penggunaan media sosial dan aplikasi pesan singkat seperti TikTok, WhatsApp, YouTube, Facebook, dan
Instagram, hingga game online seperti Mobile Legends, FreeFire, Roblox, PUBG, dan
Genshin Impact.
Untuk mengantisipasi lonjakan trafik data tersebut, Indosat meningkatkan kapasitas
jaringannya sekitar 32% lebih besar dibandingkan dengan rata-rata kapasitas
harian. Selain itu, kepadatan lalu lintas data pada puncak momentum Lebaran juga
diantisipasi dengan penambahan 2.145 sites baru dan 38 mobile BTS (MBTS).
Penambahan ini, kata Vikram, juga didukung oleh jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 51 ribu km dan lebih dari 224 ribu km akses metro fiber optic untuk memperkuat sinyal di lokasi prioritas.
Indosat juga melakukan optimalisasi jaringan di sepuluh jalur kereta, 26 jalan tol yang
meliputi Trans Jawa, Trans Kalimantan, dan 28 jalan non-tol sepertiBanjarmasin Martapura dan Merak-Carita.
Lebih lanjut, Indosat juga melakukan optimalisasi jaringan di 531 titik dan 64 jalur prioritas seperti destinasi wisata, pusat perbelanjaan, alun-alun, masjid, rest area, bandara, terminal, pelabuhan dan stasiun.
Sementara di wilayah Bali dan Nusa Tenggara, optimalisasi jaringan diimplementasikan diantaranya di jalur tol Badung – Nusa Dua dan jalur non-tol Denpasar – Nusa Dua, Gilimanuk – Denpasar, Nusa Dua – Uluwatu, Denpasar – Pelabuhan Padangbai, Bandara BIL – Mataram, Bandara BIL – Mandalika, Mataram
– Senggigi, dan Pelabuhan Lembar – Mataram.
Kesigapan lebih dari dua ribu petugas teknis Indosat di lapangan serta tim Indosat
Ooredoo Hutchison Network Operation Center (INOC) bekerja 24 jam untuk
memastikan pelanggan dapat berkomunikasi dengan tenang di manapun dan kapan pun.
Tidak hanya itu, Indosat juga memastikan kesiapan tim dengan mengaktifkan Command Center 24/7 sejak 7 hingga 13 April 2024, serta Indosat Ooredoo Hutchison Service Operation (ISOC) yang diperkuat oleh sistem berbasis Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan otomatisasi.
Persiapan ini menegaskan komitmen Indosat dalam meningkatkan kualitas layanan
kepada seluruh masyarakat Indonesia. Indosat senantiasa mengapresiasi pelanggan yang memberikan masukan dan saran untuk peningkatan layanannya.
Indosat juga telah menyiapkan berbagai saluran untuk mengantisipasi kendala dan
tanggap terhadap masukan pelanggan selama periode mudik dan Lebaran, mulai
dari website, WhatsApp resmi, akun media sosial, hingga call center 24/7.
Berdayakan Perekonomian Lokal
Selain memperkuat infrastruktur jaringan jelang Hari Raya Idulfitri, Indosat juga
menegaskan komitmennya dalam memberdayakan masyarakat Indonesia melalui pemberdayaan ekonomi lokal, sebagai kelanjutan program Indosat Berkah Ramadan, yang merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial
perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) di bawah pilar filantropi.
Menggandeng berbagai lapisan pemangku kepentingan, mulai dari karyawan, anak
usaha, hingga pelanggan, Indosat telah menyalurkan sebanyak 115 Program
‘Gerobak Berkah’ kepada para penjaga masjid atau musholla (marbot) yang
diadakan di 57 lokasi di seluruh Indonesia. Untuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara.
Gerobak Berkah disalurkan kepada marbot di Mataram, Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Utara, Lombok Barat, dan Sumbawa. Program ini memberikan dukungan langsung berupa pemberdayaan usaha ekonomi kecil yang dilakukan oleh para marbot di berbagai lokasi tersebut.
Sahdip, marbot asal Kecamatan Pujut, Lombok Tengah mengatakan, “Saya bersyukur dengan bantuan dari Indosat dan pelangganya, karena dengan program ini saya memperoleh tambahan modal usaha serta fasilitas penunjang usaha. Selain kegiatan sehari-hari sebagai marbot, saya juga bisa membuka usaha baru dan
mendapatkan penghasilan tambahan dengan gerobak yang lokasinya berada di
area masjid.” jelas Sahdip.
“Seluruh upaya menghadirkan kebahagiaan dan keberkahan di momen Ramadan dan Idul fitri ini merupakan bagian dari komitmen mewujudkan tujuan besar Indosat
dalam menghubungkan dan memberdayakan seluruh masyarakatIndonesia,” tutup
Vikram.
Tinggalkan Balasan