Cegah Pelanggaran, Kordiv PPMH Bawaslu Akan Awasi Ketat Rekrutmen PPK hingga PPS

Keterangan FOTO : Johan Marjan, Kordiv PPMH Bawaslu Lotim

LOTIM LOMBOKita – Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak telah dimulai. Demikian juga rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) mulai dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Timur (Lotim).

Mencegah terjadinya pelanggaran, Koordinator Divisi (Kordiv) Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas (PPMH) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lotim, akan melakukan pengawasan secara ketat.

“Rekrutmen PPK bagian tahapan yang diawasi Bawaslu. Termasuk juga pngawasan ketat pada rerkutmen Panitia Pemungutan Suara (PPS),”tegas Johari Marjan, Kordiv PPMH Bawaslu Lotim di Mataram, kemarin.

Ditegaskan, pengawasan tersebut menghindari terjadinya proses yang melenceng dari prosedur yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

KPU dalam seleksi PPK, diharapkan lebih teliti, dalam mencermati syarat administrasi atau dalam treking personal calon PPK tersebut.

Jangan sampai lanjutnya menegaskan, calon PPK yang diloloskan ialah mereka yang fakta lapangan berafiliasi atau terdaftar pada Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu, atau pun memiliki suami atau istri pada penyelenggara Pemilu lainnya.

“Surat imbauan telah kami layangkan ke KPU, agar patuh pada regulasi pada tahapan rekrutmen PPK atau pun PPS,”tandasnya.

Lebih jauh Marjan mengungkapkan, selama tahapan Pilkada serentak berlangsung, pihaknya mengajak semua stakeholder terkait hingga masyarakat pada umumnya, turut serta mengawasi semua tahapan Pilkada serentak ini.

Tak terkecuali juga pengawasan terhadap KPU Lotim sebagai penyelenggara teknis pada Pilkada serentak ini.

“Bila ada indikasi pelanggaran disemua tahapan, termasuk pelanggaran dilakukan KPU, PPK hingga PPS, masyarakat diharapkan jangan takut melapor pada Bawaslu Lombok Timur, untuk dilakukan proses sesuai ketentuan yang ada,”serunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini
Tutup