BPJS Kesehatan Anugerahi Pemprov NTB Universal Health Coverage

LOMBOKita – Pemerintah Provinsi NTB menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) atau Cakupan Semesta Jaminan Kesehatan Nasional Provinsi NTB yang diberikan oleh Managemen Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan atas komitmen dan tercapainya cakupan kepesertaan BPJS Kesehatan Nasional bagi masyarakat NTB, berlangsung di Gedung Sangkareang Kantor Gubernur NTB, Senin (04/03/2024).

Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi NTB, Ibnu Salim S. H., M. Si, CGCAE mewakili PJ Gubernur NTB mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh BPJS Kesehatan kepada Pemerintah Provinsi NTB atas komitmen dan konsistensi tercapainya cakupan kepesertaan BPJS Nasional bagi masyarakat NTB.

“Semoga apa yang telah dicapai dapat menjadi ikhtiar bersama dalam meningkatkan pelayanan dan jaminan kesehatan seluruh masyarakat di NTB,” ungkap PJ Sekda NTB.

Cakupan Kepersertaan ini adalah bentuk sistem penjaminan untuk memastikan tiap warga memiliki akses yang adil terhadap layanan kesehatan yang promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif, bermutu dan terrjangkau.

“Alhamdulillah, Provinsi NTB sudah mencapai 95,70 persen, pada sisi ketidak aktifan dan tentunya ini menjadi PR bagi Pemerintah Daerah untuk terus meningkatan upaya – upaya dalam rangka validasi data, pembenahan, penganggaran baik Kabupaten/Kota dan sebagainya,” jelasnya.

PJ Sekda NTB menuturkan bahwa apresiasi ayng diraih Pemprov NTB sebagai momentum untuk melihat hasil dari upaya, dan kerja keras serius kita dalam rangka meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat.

Cakupan Kepesertaan ini merupakan sebuah visi yang kita wujudkan melalui kerja keras,kolaborasi dan komitmen yang kuat, apa yang menjadi apresiasi pemerintah melalui BPJS Kesehatan RI kepada Pemerintah Daerah adalah momentum untuk melihat hasil dari upaya, dan kerja keras serius kita dalam rangka meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Perencanaan, Pengembangan dan Manajemen Risiko BPJS Kesehatan, DR. dr. Mahlil Ruby , M.Kes mengucapkan bahwa apresiasi yang diberikan kepada Pemprov NTB dikarenakan telah menjaminkan sekitar 95 persen lebih masyarakatnya terjamin didalam jaminan kesehatan nasional.

“Ini merupakan apresiasi atas komitmen Pemerintah Daerah dan diperlukannya upaya seluruh stakeholder untuk terus bersama, berkolaborasi, bersinergi untuk mengatasi persoalan kesehatan, dengan cakupan yang memenuhi standar akan berdampak pada layanan kesehatan,” ungnkapnya.

Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, dr. H. Lalu Hamzi Fikri, MM, MARS , Direktur RSUD Provinsi NTB “dr. H. Lalu Herman Mahaputra, M.Kes, MH, Direktur RSUD Kota Mataram, dr.Hj. NK. Eka Nurhayati., Sp.OG.,Subsp.,FER.,M dan seluruh jajaran Kepala OPD Lingkup Pemprov NTB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini