BPJS Buka Layanan di Taman Selong Saat Car Free Day
LOMBOKita – Sebagai upaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, BPJS Kesehatan Cabang Selong ikut meramaikan kegiatan Car free day yang rutin dilaksanakan setiap minggu pagi dengan membuka pelayanan Mobile Customer Service (MCS).
Seperti diketahui kegiatan car free day merupakan moment dimana masyarakat melaksanakan olahraga ringan atau hanya sekedar berkumpul dengan keluarga dan komunitasnya melakukan hal-hal yang positif.
Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Selong Gusti Ngurah Catur Wiguna mengungkapkan, dengan banyaknya masyarakat yang berkunjung dan beraktifitas di Car free day, maka banyak juga masyarakat yang tertarik untuk berkunjung di MCS (Mobile Customer Service) BPJS Kesehatan untuk mengetahui dan memahami lebih dalam apa itu Program Jaminan Kesehatan Nasional.
Selain itu, Catur juga mengatakan kegiatan MCS di car free day ini juga bisa dimanfaatkan untuk mensosialisasikan Inovasi dan program baru BPJS Kesehatan yang sangat direspon baik oleh pengunjung seperti sosialisasi Mobile JKN dan penggunaan KTP untuk mendafatkan fasilitas kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan.
“MCS (Mobile Customer Service) merupakan layanan BPJS Kesehatan berbentuk mobil keliling yang hadir di spot tertentu, biasanya ramai dikunjungi oleh masyarakat maka dari itu dalam kesempatan ini MCS hadir di car free day Selong, untuk memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan terkait Program JKN (Jaminan Kesehatan Nasional). Melihat antusias masyarakat yang selalu ramai mendatangi kegiatan car free day, tentunya momen ini tidak akan kami lewatkan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.
“Kegiatan ini salah satu cara kami mensosialisasikan program-program BPJS Kesehatan yang tentunya dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan,” ujar Catur, Minggu (12/03/2023).
Catur menjelaskan berbagai kemudahan yang ditawarkan pada kegiatan MCS ini yakni masyarakat dapat menanyakan apa saja informasi terkait Program JKN, melakukan pendaftaran menjadi peserta JKN, melakukan perubahan data kepesertaan, informasi apa saja terkait kepesertaan dirinya baik itu data peserta, anggota keluarga, atau jumlah tagihan dan pembayaran iuran. Dan yang tidak kalah penting adalah pada MCS ini menerima penyampaian pengaduan apabila ternyata peserta pernah mendapatkan kendala saat mendapatkan pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan.
“Banyak manfaat pelayanan yang bisa didapatkan di MCS ini, kebanyakan orang yang sibuk di hari kerja mungkin tidak akan sempat untuk mengurus kepesertaan di kantor kami, melalui MCS, semua itu tidaklah lagi menjadi alasan untuk tidak mengurus kepesertaan JKN. Tidak hanya berdiam di satu tempat ini saja, kami juga menyebar para duta BPJS Kesehatan untuk melakukan edukasi di sekitar area car free day mengajak masyarakat untuk memanfaatkan program-program JKN serta mengajak masyarakat yang belum menjadi peserta JKN untuk dapat mengurus di MCS menjadi peserta JKN,” jelas Catur.
Lalu Rahadian (47) yang biasa dispa Miq Yan salah seorang pengunjung layanan MCS yang dilaksanakan di lakukan di car free day Selong, Lombok Timur menyampaikan rasa terima kasih kepada BPJS Kesehatan Kantor Cabang Selong, karena di hari libur pun bisa mendapatkan pelayanan yang sama seperti dikantor Cabang.
“Saya dating mau olahraga dan kebetulan sudah beberapa bulan saya selalu melihat Mobil BPJS Kesehatan jadi sekalian mau mengubah lokasi fasilitas kesehatan dan ada beberapa pertanyaan yang ingin saya tanyakan. Sebenarnya sudah lama saya ingin melakukan pengurusan tapi waktunya yang belum ada, karena berbenturan dengan jam kerja saya, Kali ini saya sangat bersyukur ada layanan MCS di hari libur di car free day ini. Kebetulan rumah saya dekat dengan lokasi MCS, jadi bisa langsung datang untuk mencari informasi kemudian menyiapkan berkas untuk mendapatkan pelayanan,” ujar Miq Yan.
Miq Yan mengaku bahwa pelayanan MCS sama baiknya dengan layanan di kantor BPJS Kesehatan. Menurutnya, dengan adanya layanan MCS proses menjadi lebih cepat karena antriannya yang tidak banyak, sehingga ia bisa kembali melanjutkan aktivitas dan olahraga setelah pelayanan selesai.
“Saya berterimakasih kepada pihak BPJS Kesehatan Kantor Cabang Selong, meskipun dihari libur tetap melakukan pelayanan kepada massyarakat, pelayanannya pun sama seperti pelayanan di kantor cabang hal yang saya butuhkan dan tanyakan ada dan di informasikan sangat lengka dan petugasnyapun sangat ramah,” tutup Miq Yan.
Tinggalkan Balasan