Siaga Bencana Alam, BPBD Lotim Bersama Tim Gabungan Gelar Apel Siaga Bencana Hidrometeorologi

Keterangan FOTO : Penjabat Bupati Lotim HM Juani Taofik di dampingi Kalakhar BPBD L Mulyadi, Kapolres, Damdim saat apel gabungan memeriksa kesiapan pasukan, Senin (4/12)

LOTIM LOMBOKita – Memasuki musim penghujan saat ini, guna mengantisifasi terjadinya bencana alam, personel gabungan dari TNI, Polri, Tim Sar, BPBD, Tagana, Perhuubungan dan instansi terkait lainnya, gelar apel siaga Hidrometeorologi, di halaman Kantor Bupati Lotim, Senin (4/12).

Penjabat Bupati Lotim, HM Juaini Taofik, saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam sambutannya mengatakan, apel siaga ini digelar sebagai bentuk kesiapsiagaan, terhadap perubahan cuaca dan iklim.

Tentunya, potensi kebencanaan selama musim penghujan pasti ada. Sehingga, pemerintah harus memastikan daerah ini aman dan terkendali dari bencana alam.

“Untuk aman dan terkendali, tentu membutuhkan kesiapsiagaan dari semua unsur Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada, baik BPBD, Satpol PP, Damkarmat, Perhubungan yang dibackup TNI dan Polri,”katanya.

Selain melakukan pengecekan personel lanjutnya, apel kesiapsiagaan ini juga untuk melakukan pengecekan bagaimana kesiapsiagaan dari sisi Sarana dan Prasarana (Sarpras).

Selama musim penghujan, di ingatkannya agar tidak saja fokus pada potensi bencana didarat, melainkan juga wilayah laut dan perairan air tawar.

“Buat imbauan di semua destinasi wisata, apakah harus dilakukan penutupan atau tidak. Jika akan melakukan penutupan, tentu harus melalui kajian,”tegasnya seraya mengatakan, personel patroli daerah rawan bencana, atau pun destinasi wisata, harus ramah.

Ia mengungkapkan, koordinasi dengan Polisi Air dan Udara (Polairud) serta unsur lainnya penjabat Bupati meminta agar tetap menjadi perhatian bersama.

Sehingga manakala terjadi bencana alam, semua SDM bisa dengan cepat digerakkan. Bukan itu saja, masyarakat pun diberikan pemahaman, agar sama-sama bertanggungjawab untuk mencegah dan mengatasi manakala terjadi bencana alam.

“Yang pasti, ketika terjadi bencana alam, semua SDM akan kita gerakkan,”pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini
Tutup