MODEC dan Terra Drone Menandatangani Perjanjian Penelitian dan Pengembangan Bersama untuk Meningkatkan Inspeksi Platform Lepas Pantai dengan Teknologi Drone Canggih

Kolaborasi MODEC dan Terra Drone untuk melayani industri dalam melakukan inspeksi pada sistem Floating Production, Storage, and Offloading (FPSO), dengan menggunakan teknologi drone.

Terra Drone Corporation, perusahaan teknologi drone dan Urban Air Mobility (UAM) terkemuka yang berkantor pusat di Jepang, dan MODEC, Inc. (“MODEC”) dengan bangga mengumumkan bahwa keduanya telah menandatangani perjanjian penelitian dan pengembangan bersama untuk meningkatkan drone inspeksi pada sistem Floating Production, Storage, and Offloading (FPSO). Perjanjian ini mengikuti Nota Kesepahaman yang ditandatangani oleh kedua perusahaan pada 7 November 2023.

Sejak November 2023, MODEC terus menggunakan teknologi drone dari Terra Drone untuk mengukur ketebalan lambung tangki penyimpanan minyak mentah pada FPSO yang beroperasi di Brasil. Implementasi ini telah menghasilkan proses inspeksi yang lebih aman dengan mengurangi kebutuhan untuk bekerja di ketinggian. Namun, optimalisasi lebih lanjut dari teknologi inspeksi drone sangat penting untuk mengatasi lingkungan kerja yang keras di platform lepas pantai. Masalah dengan pelaksanaan dan efisiensi pengukuran ketebalan lambung saat ini, tugas inspeksi yang dilakukan oleh anggota kru belum sepenuhnya digantikan oleh drone.

Menjaga integritas aset (1) adalah hal yang penting untuk memungkinkan FPSO dan platform lepas pantai lainnya beroperasi dengan aman selama lebih dari 20 tahun. Meskipun inspeksi struktur secara berkala sangat diperlukan, ada kendala bahwa pekerjaan inspeksi harus dilakukan secara paralel dengan operasi produksi oleh sejumlah kru yang terbatas. Akibatnya, pengurangan tenaga kerja telah menjadi tantangan bersama di seluruh industri.

MODEC dan Terra Drone telah terlibat dalam diskusi teknis yang ekstensif, mengidentifikasi area perbaikan berdasarkan respon di lapangan, dan sepakat untuk menjadi pelopor dalam mengembangkan teknologi inspeksi drone yang disesuaikan dengan lingkungan keras di platform lepas pantai. Tujuannya adalah untuk sepenuhnya menggantikan inspeksi manual tangki penyimpanan minyak mentah dengan drone dalam waktu dekat. Dengan menginovasikan teknik inspeksi drone, Terra Drone dan MODEC bertujuan dalam jangka pendek, untuk melipatgandakan efisiensi inspeksi dan mengurangi biaya inspeksi. Melalui inisiatif ini, kami berharap dapat menerapkan teknologi inspeksi drone ini tidak hanya pada FPSO yang dioperasikan oleh MODEC tetapi juga secara luas di seluruh industri, mengatasi tantangan bersama terkait keselamatan kerja dan pengurangan tenaga kerja dalam operasi platform lepas pantai.

Melalui perjanjian ini, Terra Drone dan MODEC akan berkontribusi pada operasi berkelanjutan FPSO dan platform lepas pantai lainnya dari perspektif lingkungan, ekonomi, dan sosial dengan meningkatkan keselamatan, mengurangi tenaga kerja, dan meningkatkan efisiensi dalam operasi inspeksi.

Catatan 

(1) Integritas aset: kemampuan suatu aset untuk menjalankan fungsinya dengan aman, efektif, dan sesuai dengan semua peraturan yang relevan, sambil meminimalkan risiko terhadap manusia, lingkungan, dan aset itu sendiri. Hal ini memungkinkan peningkatan daya saing dan mendorong pertumbuhan berkelanjutan.

MODEC

MODEC adalah kontraktor terkemuka di Jepang yang fokus dalam layanan Engineering, Procurement, Construction and Installation (EPCI), penyewaan, serta operasi dan pemeliharaa fasilitas lepas pantai terapung yang digunakan dalam proyek pengembangan minyak dan gas lepas pantai, termasuk FPSO. Sebagai perusahaan terkemuka, MODEC sedang menjajaki teknologi inspeksi generasi berikutnya untuk mengatasi tantangan yang dihadapi oleh industri secara keseluruhan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi https://www.modec.com/

Terra Drone Corporation 

Terra Drone adalah perusahaan teknologi drone dan Urban Air Mobility (UAM) yang berkantor pusat di Jepang, dengan misi [Unlock “X” Dimensions], menciptakan masa depan yang sejahtera dengan “menyeberangi” jembatan dengan mengintegrasikan berbagai bidang untuk mendorong inovasi dan menemukan solusi. Teknologi paten yang dimiliki dalam drone, sensor, dan perangkat lunak adalah dasar dari solusi khusus yang mencakup survei dan inspeksi hingga penyemprotan pestisida, yang merevolusi industri-industri utama termasuk minyak dan gas, konstruksi dan rekayasa, bahan kimia, listrik, dan pertanian secara global. Pada Juli 2023, Terra Drone mengakuisisi sebagian besar saham di Unifly, penyedia sistem Manajemen Lalu Lintas Pesawat Tak Berawak  terkemuka di dunia, yang memiliki rekam jejak yang terbukti dalam mengimplementasikan sistemnya di tingkat nasional di lebih dari delapan negara. Ambisi Terra Drone adalah mengembangkan solusi komprehensif untuk drone dan UAM, dengan tujuan utama untuk membangun infrastruktur digital di langit untuk memaksimalkan potensi mobilitas udara. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi situs web kami: http://www.terra-drone.net

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini